Beranda > Corat Coret, Ngeblog, Pengalamanku, Tips & Trik > Tips Ngeblog Ala ‘Mazyudee’

Tips Ngeblog Ala ‘Mazyudee’

Mungkin setiap blogger dimanapun berada, punya sejuta macam tips dan trik untuk menjaga eksistensi blog-nya. Kecewa dong, manakala weblog-nya ‘ujug-ujug’ nggak ke urus, gara-gara nggak punya waktu buat maintanance. Repot juga sih, tiap hari harus posting, buka email, cek komen…waaaah. Capek deh..mana bikinnya susyah….eee…malah ujung-ujungnya ditinggalin begitu aja. Mau diterusin, udah nggak Pede lagi nulis.
Contoh nih saya, dulu juga bikin banyak blog (yang gratisan), hampir semua ada 7. Itu pas waktu awal semangat ngeblog. Dan hebohnya ke-tujuh-tujuhnya, username dan passwordnya lupa semua…hehe…jadinya pada ‘mangkrak’ abis!
Nah, ini saya coba kasih tips dari, tentang cara ngeblog biar tetap eksis (meski jarang yang kasih komentar di blog saya…hehe) :

1. Target Bikin Blog Apa Sih?
Pasti setiap orang beda-beda targetnya. Ada yang pengennya nulis aja, ada yang berbisnis, bertukar info, ada juga yang curhat, atau cuma biar namanya terkenal di dunia maya dan lain sebagainya. Nah tentukan target anda. Kira2 untuk apa anda ngeblog?

2. Bikin Planning Tulisan.
Planning disini artinya merencanakan beberapa tulisan yang ingin anda buat dalam setahun, atau berapa kali anda mau posting dan terbit dalam seminggu? Sehari? Bisa tulisannya sendiri, copy paste, atau berita, dll.

3. Tetap dan Terus Menulis.
Bagaimanapun gaya bahasa tulisan anda, teruskan. Dimanapun anda berada, tuliskan. Jangan ragu, semua blogger, pengalaman awalnya dari tidak tahu, dan akhirnya tahu banyak setelah sering2 menulis dan membaca.

4. Tetap Fokus Pada Blog Sendiri, Bukan Ke Yang Lain.
Nha..ini yang seringkali dialami pemula. Baru mau posting, eee…iseng2 buka FB, chatting, browsing2, twitter…balas2 comment dan akhirnya lupa deh sama target awalnya. Lha terus kapan mau posting tulisan?

Oke, demikian tips ngeblog dari saya semoga bisa nambah info baru. Yuk, di share…

* hari ke-17 ngeblog di http://www.mazyudee.wordpress.com

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar